Akkhir Zaman Makna Menilai dan Menghakimi

Akhir Zaman

Akhir Zaman


Beberapa masa-masa yang kemudian saya menyaksikan asbak di smoking lokasi kantor. Asbak tersebut begitu kotor dan pantas untuk dibersihkan. Di sini saya sudah menciptakan persepsi mengenai apa yang dinamakan kotor dan bersih dan benak saya kemudian melayang ke teknik membersihkannya. Dalam urusan ini saya sudah memberi nilai pada suatu asbak dan nilai tersebut paling tergantung pada standard individu yang saya pakai walaupun dalam urusan ini standard pribadi tersebut tidak bertolak belakang jauh dengan standard yang umum berlaku.


Begitu pun pada masa-masa saya menyaksikan seseorang apakah tersebut dari tutur bahasanya, perilakunya atau potret profilnya. Ada tidak sedikit persepsi yang hadir di sana. Misalnya, saya menilai bahwa orang2 yang suka ganti potret profil itu ialah orang2 yang narsis tapi dapat juga orang yang labil dalam bersikap. Ada pun seseorang yang saya kenal semenjak jaman dulu sampai kini tidak pernah ganti potret profil. Saya berpendapat bahwa ybs ialah orang yang paling konsisten dan tidak suka narsis walaupun di wall-nya kadang2 hadir juga potret pribadinya sedang bergaya. :)


Kita lihat persamaan antara mempersepsikan asbak dengan perilaku seseorang. Dalam urusan ini memberi nilai tersebut tidak lain jauh dengan menghakimi. Bedanya, bila menghakimi itu seringkali untuk persepsi yang buruk, sementara menilai itu dapat untuk urusan yang buruk atau baik.


Yang penting, andai menilai atau menghakimi seseorang tersebut jangan pernah tersiar oleh ybs sebab itu dapat membuat ybs sakit hati, dan sakit hati itu ialah salah satu penyebab perang2 besar di dunia ini. :)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor