Bagaimana Menyembuhkan Luka Sebab Ajal Orang Tercinta?

Ditinggalkan orang tercinta untuk selamanya ialah pengalaman langsung yang sangat pahit. Masing-masing dari kita merespon secara berbeda terhadap kehilangan itu. Ada begitu banyak perasaan yang berkecamuk dalam dada dikala kita kehilangan seseorang yang kita cintai. Ada banyak faktor yang berbeda yang akan menunjukkan bantuan pada perasaan kehilangan itu. Intinya ialah tidak peduli apa jenis kehilangan anda, yang terang Anda akan ditinggalkan untuk mengelola kesedihan Anda sendiri.

Berduka ialah pengalaman yang sangat pribadi. Tidak ada cara yang benar dan salah jikalau berurusan dengan kesedihan. Saya baru-baru ini mengalami kehilangan yang luar biasa dalam hidup saya sendiri, jadi izinkan saya untuk mengembangkan dengan Anda sebagai bab dari pengalaman yang saya alami dengan harapan membantu Anda mengatasi rasa kehilangan Anda.

Ditinggalkan orang tercinta untuk selamanya ialah pengalaman langsung yang sangat pahit Bagaimana Menyembuhkan Luka Karena Kematian Orang Tercinta?
butuh waktu untuk menghalau rasa kehilangan itu

Kisah kehilangan saya

Saya kehilangan sepupu saya, yang juga sahabat dan adik bagi saya, alasannya ialah kanker tahun lalu. Saya tidak ingat semenjak kapan ia menjadi bab dari hidup saya. Kami tumbuh bersama, pergi ke sekolah bersama-sama, menikah sekitar waktu yang sama, dan mempunyai bawah umur yang erat dan selalu gotong royong juga Dia selalu menjadi bab dari kehidupan sehari-hari saya-apakah itu ulang tahun atau perayaan kecil, pemakaman, dikala kesedihan menggerogoti hati saya, promosi dan sukacita saya, ia selalu ada di sana.

Kehilangan ia telah menjadi salah satu hal yang paling sulit yang pernah saya alami. Meskipun kematiannya sudah diprediksikan, saya tidak tahu bagaimana hancurnya perasaan saya  sampai waktunya tiba. Saya telah menjadi bab dari perjalanannya melawan kanker. Saya bahkan mencukur rambut saya ketika ia mulai kehilangan rambutnya alasannya ialah efek kemoterapi, mencoba menguatkan ia dan memahami apa yang ia alami.

Saya ingat dikala ia divonis menderita kanker stadium lanjut. Saya tinggal semalam dengan ia di rumah sakit. Kami buat pesta piyama. Kami tertawa, menangis, berpelukan, makan kudapan dari mesin penjual otomatis di ranjang rumah sakit, dan kami berbicara dan berbicara terus hingga kantuk menyerang kami. Kami berbicara perihal saat-saat kebersamaan yang indah dan masa depan yang kami mau raih. Dia mendorong saya untuk menciptakan perencanaan hidup saya. Dia telah mengilhami saya untuk keluar dari zona nyaman saya dan mengikuti keinginan saya. Ada saat-saat selama ia tinggal di rumah sakit untuk perawatan kemoterapi kami melaksanakan dialog via video chat, dan saya akan berada di sana dengan ia meski terpisah jarak dan menunggui ia tertidur dari balik kamera saya.

Setelah kematiannya, saya gundah apa yang harus saya lakukan tanpanya. Kadang-kadang saya banyak menangis; kali lain, saya tidak bisa menangis. Hal utama yang saya pelajari ialah untuk membiarkan diri saya merasa apa pun yang ingin saya rasakan. Jika ingin menangis maka saya menangis, jikalau ingin tertawa maka saya akan melakukannya. Hal ini penting sebagai proses untuk menapaki setiap langkah dari proses berduka saya. Saya ingat menonton sebuah program TV suatu malam, dan mulai menangis alasannya ialah mengingatkan saya padanya. Suami saya, yang begitu mendukung selama masa kehilangan itu, bertanya apa yang bisa ia lakukan untuk membantu saya. Yang saya inginkan ialah foto favorit yang ia berikan ke saya. Saya duduk dan memegang foto itu, menyentuh wajahnya, dan menangis. Seiring dengan berjalannya waktu, saya menemukan saya bisa mencicipi kehadirannya melalui hal-hal yang saya lakukan. Potongan dari memori tentangnya yang tersebar di dalam hidup saya membawa kenyamanan bagi diri saya.

Berikan waktu bagi diri Anda untuk berduka.

Hal ini mungkin terdengar aneh, namun, itu benar-benar penting bahwa Anda membiarkan diri Anda untuk mencicipi hal-hal yang ingin Anda rasakan. Setiap orang mempunyai reaksi mereka sendiri dikala kehilangan orang yang dicintai. Beberapa orang ingin berbicara perihal orang yang meninggal itu, sementara yang lain lebih pendiam dan merasa tidak nyaman membicarakannya.

Ini ialah perjalanan Anda; bukan orang lain. Lakukan segala sesuatu secara alami untuk mengakomodir kesedihan Anda. Jika Anda ingin memandang fotonya dan mempunyai area khusus untuk mengingat kekasih Anda yang telah pergi untuk selamanya, lakukanlah. Tergantung pada bagaimana Anda ingin mengekspresikan diri. Facebook adakala bisa menjadi cara yang manis untuk menyampaikan apa yang ada di pikiran Anda. Ada saat-saat ketika saya rindu pada sepupu saya, membuka halaman facebooknya dan hanya menulis pesan kalau saya rindu padanya. Meskipun saya sadari ia tidak bisa membacanya, entah bagaimana, bagi saya, rasanya ibarat ada koneksi atau relasi dengannya.

Duka tiba ibarat gelombang yang menghantam. Kadang-kadang, pada saat-saat yang tak terduga, Anda akan melihat, mendengar, atau mencium sesuatu yang mengingatkan Anda perihal orang tersebut dan air mata mulai mengalir tanpa sadar. Saya ingat suatu hari, saya duduk di meja saya dan seseorang tiba dan ia mengenakan wewangian yang mengingatkan saya pada almarhumah sepupu saya; tanpa sadar air mata mulai meluncur di pipi saya. Tentu saja, saat-saat ibarat ini luar biasa dan sedikit memalukan, tetapi jikalau Anda menjelaskan bahwa Anda gres saja kehilangan orang yang dicintai, kebanyakan orang memahami. Hal ini penting untuk membiarkan hal ini terjadi. Jangan melawan perasaan Anda. Jangan takut untuk membiarkan mereka keluar. Ini ialah bentuk penyembuhan untuk Anda.

Cari Dukungan

Ada tempat-tempat konseling kesedihan yang mengkhususkan diri dalam proses berduka. Ini mungkin mempunyai kegunaan bagi Anda. Mereka bisa berdiskusi dengan Anda untuk membantu pada saat-saat yang paling sulit. Ada juga kelompok yang bertemu dan berbicara bersama-sama, mengembangkan dongeng dan pengalaman. Tergantung pada apa kebutuhan Anda, Anda sanggup memilih apakah  jenis interaksi ibarat ini membantu rasa kehilangan anda atau tidak.  Jika Anda tidak ingin mencari proteksi secara profesional lewat psikiater atau jago terapi, pastikan Anda menemukan dukungan dalam kelompok teman-teman atau keluarga. Anda harus mempunyai seseorang yang mengerti apa yang Anda alami. Anda perlu merasa nyaman untuk mengembangkan perasaan Anda. Saya merasa tidak perlu mempunyai seseorang harus menyampaikan sesuatu dan merasa perlu memecahkan duduk kasus saya, tapi hanya perlu berada di sana untuk mendengarkan saya. Sadarilah bahwa Anda tidak sendirian dalam kesedihan Anda; ada orang lain yang siap membantu Anda melalui hari-hari berat sepeninggalnya.

Menghormati kehidupan orang yang Anda cintai 

Ada banyak  organisasi yang  memungkinkan Anda untuk menjadi tuan rumah sebuah program untuk menghormati kekasih Anda atau mengembangkan bagaimana menghadapi masa-masa sulit bersama orang yang anda kasihi yang divonis umurnya tak usang lagi. Jika kekasih Anda meninggal alasannya ialah penyakit tertentu, bantulah penelitian perihal penyakit tersebut, untuk membantu orang-orang yang menderita penyakit yang sama. Cari yayasan atau forum yang mengabdikan diri untuk mengurus penderita penyakit tersebut, bantu apa yang anda bisa. Misalnya, saya tahu bahwa sepupu saya ingin saya menyediakan masakan bagi para gelandangan dan tuna wisma. Saya melaksanakan apa yang dulu sering dilakukannya, mengunjungi para orang yang kurang beruntung ini dan mengembangkan sedikit keberuntungan saya. Anda sanggup saja melaksanakan hal berbeda. Jadilah kreatif dan temukan sesuatu aktivitas bermanfaat yang tepat untuk menghormati kekasih Anda. Ini ialah cara yang faktual untuk merayakan kehidupan dan cinta anda pada seseorang dengan membantu orang lain yang mengalami hal yang sama dengan anda.

Jaga dirimu

Hal ini sangat penting selama periode masa kehilangan ialah mengurus diri sendiri dengan baik. Dampak kesedihan yang berkepanjangan akan mempengaruhi kondisi badan Anda secara fisik maupun emosional. Dengarkan apa yang dikatakan badan Anda. Jika Anda perlu istirahat dan menenangkan diri, lakukan. Jangan menilai diri sendiri bahwa anda tak sanggup menghadapi ini. Setelah kehilangan sepupu saya, saya merasa kelelahan yang luar biasa. Sering kali, sulit untuk mengatasi rutinitas alasannya ialah tiba-tiba mereka berbeda dari biasanya.

Pacu diri sendiri selama masa sulit ini. Jangan berharap banyak dari diri Anda sendiri. Tubuh dan emosi telah melalui masalahnya sendiri. Hal ini yang umum dirasakan ibarat mengalami kesulitan tidur, gangguan konsentrasi, nafsu makan hilang, dan bahkan sikap kompulsif. Menyadari kalau semua ini masuk akal dan tidak ada sesuatu yang salah. Biarkan waktu menyembuhkan anda secara pelan-pelan.

Sayangnya, maut orang yang dicintai tidak bisa dihindari dalam kehidupan. Semua orang akan kehilangan seseorang suatu waktu. Memahami bahwa Anda tidak sendirian, merayakan kehidupan Anda dengan menyayangi dan merawat diri sendiri dan berguru mendapatkan kehilangan itu dengan tulus dan rela. Keinginan saya untuk Anda hari ini ialah bahwa jikalau Anda merasa sedih alasannya ialah kehilangan orang tercinta, Anda akan menemukan bahwa semua itu bab dari perjalanan hidup yang harus dilalui. Ingatlah bahwa mereka yang telah pergi telah menyemangati kita untuk menjalani kehidupan yang lebih penting dan lebih bermanfaat, lebih menghargai hidup dan cinta. Membuat setiap hari khusus dan meninggalkan memori yang indah di hati.

Jaga diri anda baik-baik dan tersenyumlah! Bangkitlah dan mulailah menata hidup.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor