Kamu Harus Bagaimana Ketika Orang Tercinta Terjerumus Jalan Yang Salah?

Kamu memang mengasihi dia, menyayanginya sepenuh hatimu dan kalian telah menikmati hari-hari indah bersama. Tapi hidup ini ialah pilihan-pilihan dan sebagai orang cerdik balig cukup akal ia menentukan jalan hidupnya sendiri. Sayangnya jalan yang dipilihnya ialah jalan yang salah, ibarat terjebak dalam pergaulan yang salah sehingga kecanduan narkoba, menjadi anggota begal motor atau malah ikut sekte agama yang menyimpang.




Apa yang harus kau lakukan?

Sebagai orang terkasih kau tak mungkin membisu saja bukan? Berikut ini langkah-langkah yang harus kau lakukan. Camkan hal-hal di bawah ini dalam pikiranmu bahwa :

(1) Kamu tak bertanggung jawab pada pilihan yang telah dipilihnya
  • Yakinkan dirimu bahwa ia ialah orang cerdik balig cukup akal yang tahu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah. Dan ia sadar sepenuhnya pada apa yang telah dipilihnya. Jika ia menentukan jalan yang salah, menyakiti diri, keluarga dan terlibat dalam aktivitas kriminal itu ialah sepenuhnya tanggung jawabnya. Tugasmu sebagai orang terkasih hanya sebatas mengingatkan, itu saja. Tak perlu sedih, bingung apalagi menyalahkan diri sendiri.
(2) Kamu tak sanggup mengubahnya, sekeras apapun niatmu
  • Jika kau pikir mau mengubahnya, urungkan niatmu sebelum kau merasa frustrasi. Tidak ada seorang pun yang sanggup mengubah orang lain, kecuali dirinya sendiri ingin berubah. Sekeras apapun kau mencoba, ia ialah dirinya dan jalan dengan apa yang diinginkannya.
(3) Kamu boleh terus berharap ia berubah
  • Harapan itu selalu ada. Hanya orang mati yang putus harapan. Kamu tak boleh putus harapan, itu betul. Selalu ada jalan untuk kembali bagi mereka yang tersesat. Buatlah impian sewajarnya. Jangan membebani diri dengan impian muluk yang tak sanggup ia penuhi.
(4) Kamu harus tetapkan batas kondusif untuk melindungi dirimu
  • Apa yang dimaksud dengan batas aman? Batas kondusif ialah daerah di mana tanggung jawabmu berakhir dan beralih menjadi tanggung jawab orang lain. Batasan ini mencegahmu untuk mencoba menyelematkan seseorang dari tindakan destruktif yang dilakukannya, yang harus mereka alami dalam proses tumbuh kembangnya. Pengalaman itu akan mendewasakannya.
(5) Terus berdoa untuknya semoga ia senantiasa ditunjukkan jalan yang benar
  • Orang terbelakang ialah orang yang jatuh dalam kubangan yang sama kedua kalinya, artinya ia tidak mencar ilmu dari kesalahan yang dibuatnya di masa lalu. Kamu tidak sanggup mengubahnya dan menariknya kalau ia memang tak ingin ditarik dan diubah. Yang sanggup kau lakukan ialah berdoa untuk kebaikannya.
(6) Kamu harus menentukan sikap
  • Apakah kau ingin terus bersamanya, mendampinginya dalam setiap tindakan salah yang dilakukannya dan siap mendapatkan konsekuensi terburuk yaitu kehilangan dirinya baik oleh janjkematian maupun penjara, juga siap untuk menjaga diri dari imbas jelek yang mungkin diberikannya padamu.
  • Atau menentukan meninggalkannya, bukan alasannya ialah benci dan tidak cinta lagi padanya. Tapi untuk kebaikan kalian berdua. Tidak ada yang sanggup kau harapkan dari dia. Begitu pula ia merasa sudah tak sejalan dan seide lagi denganmu, maka perpisahan ialah pilihan sulit yang harus diambil.
Itulah 6 tips apa yang harus kau lakukan kalau orang tercinta terjerumus ke jalan yang salah.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor