Milih Jadi Jomblo Bermartabat? Why Not?

Masih ngejomblo di usia matang?

  • Ngejomblo di usia matang itu bukan dosa, biasa aja sebenarnya. Cuma jawaban keluarga, masyarakat dan orang di sekitarnya yang bikin jadi luar biasa. Karena jomblo di usia matang itu di luar kebiasaan. Biasanya di usia ini orang udah sibuk ngurus rumah tangga, punya keluarga kecil, menikmati romantisme perkawinan dan kelucuan anak-anak. Yang jadi luar biasa kalo dianggap jomblowers punya potensi yang begitu besar, wajah menarik, karier bagus, baik dan punya masa depan cerah kok malah jomblo. Pasti ada alasannya kenapa kok cantik-cantik jomblo, ganteng-ganteng serigala eh..jomblo?
  • Orang pada kepo, kasian dan yang lainnya sibuk nyomblangin sementara si jomblo tetap aja enjoy dengan kesendiriannya. Trus gimana nyikapin masyarakat dan orang sekitar atas kejombloanmu?


(1) Buat jadi biasa aja.
  • Mengapa harus gusar dan terusik dengan kekepoan orang lain sama statusmu? Buat jadi biasa aja. Hak orang lain buat tahu dan hak kau juga buat lakuin apapun yang kau suka. Kalo orang lain termasuk ortu merasa ingin tau dengan perilaku cuekmu, biarin aja. Kalo kau udah jelasin alasanmu ngejomblo dan mereka tetap gak paham, tinggalin aja. Karena orang lain bakal nerima apa yang ingin di dengarnya.
  • Ortu niscaya prihatin liat kau yang gak ketemu jodoh juga. Mereka takut kau jadi perawan atau cowok tua. Dan itu memang kiprah ortu buat khawatir. Mereka takut kau gak ada yang urusin dan gak ada yang jagain kalo mereka udah gak ada. 
  • Bukannya kau gak pengen nikah, kau normal kok, cuma nikah itu bukan keputusan yang gampang dan perlu banyak pertimbangan. Seumur hidup bakal ngabisin umur dengan orang yang sama kudu ekstra hati-hati. Itu yang orang lain gak ngerti.

(2) Apapun yang terjadi anggap biasa saja.

  • Umur terus melaju, kau tetap aja ngejomblo. Teman-temanmu udah pada nikah, malah udah ada yang cerai dan nikah lagi. Adik-adikmu udah langkahin kau nikah duluan. Ortu udah kalang kabut dengan perilaku kau yang masih keukeuh ngejomblo.
  • Acara nikahan kau hadiri dengan pertanyaan yang itu-itu aja, "kapan nyusul?" Kamu udah kebal dan udah tau mau ngejawab apa. Gak jauh-jauh dari, "Insya Allah, atau doain ya?". Jawaban universal para jomblower kalo ditanya kapan nikah. Kamu nganggap jomblo itu sesuatu yang biasa sementara orang lain malah geregetan dengan sikapmu.

(3) Jangan terlalu over.

  • Jangan mentang-mentang kau masih jomblo trus tingkahmu jadi over, dandan abis-abisan, gaya pecicilan, senyum kecentilan, kelakuan yang tujuannya keliatan banget buat nyari perhatian.. Stop gaya kek gini ! Kamu bukan bikin orang tertarik sama kamu, malah orang lain jadi kabur dan kasian dengan kelakuan overmu.
  • Catat ya guys.. jomblo bukan berarti gak laku, kau belum ketemu yang pas aja dan kau masih dalam proses menemukannya. Proses itu butuh waktu dan kau tetap boleh nikmatin hidupmu.


(4) Jangan terlalu dicari.
  • Mentang-mentang jomblo trus  mati-matian nawarin diri biar ada yang mau? Kamu bukan barang dan kau mesti punya harga diri. Ngapain maksain sanggup pasangan yang tujuannya hanya untuk ngerubah status? Emang kenapa dengan status jomblo?
  • Yang paling penting itu kau bisa menciptakan hidupmu bermanfaat bagi diri dan orang lain terlepas dari kau punya pasangan atau tidak. Sesuatu yang terlalu dicari kadang malah gak ditemukan atau malah nemu yang salah.

(5) Jangan terlalu menyesal.

  • Menjomblo di usia matang kau sadari sebagai pecahan dari kesalahanmu di masa lalu. Sibuk ngejar karier, angkuh, gak pengen dideketin atau ngedeketin orang yang kau suka, gak pede gak berani nyatain perasaan dan kumpulan kesalahan yang kau akui ngebentuk hidupmu yang sekarang.
  • Trus gimana, apa harus nyesel? Nyesel juga gak akan ngerubah status jomblomu kan? Biarkan masa kemudian jadi pelajaran, yang terpenting ialah menata hidup di masa sekarang. Kalo kau udah milih menjomblo, komit dengan keputusan itu dan enjoy sama hidupmu. Gak ada penyesalan dan gak ada keputus asaan.

(6) Jangan terlalu cemburu.
  • Cemburu pada mereka yang berpasangan? Jangan..!! Kenapa harus marah dan sebel sama mereka yang punya pasangan? Itu pilihan hidup mereka dan kalo terlihat menyenangkan, jangan disebelin, doakan semoga hubungannya langgeng. Kamu cemburu pun gak bikin status jomblomu berubah kan? Cemburu hanya bikin kau jadi sakit hati dan tambah menyesal jadi jomblo.

(7) Jangan terlalu menyayangi.
  • Kalo risikonya kau bersahabat dengan seseorang dan mulai merajut asa untuk menjadikannya pendamping terbaikmu, sayangilah ia seperlunya. Karena belum tentu impianmu sejalan dengannya. Belum tentu kalian berjodoh. Sehingga jikalau perpisahan harus terjadi kau tetap bisa bangun tegak dan gak hancur alasannya ialah patah hati.
  • Bayangin aja, umur kau semakin laju, sementara orang yang kau harapin buat merubah status jomblomu itu malah milih ninggalin kamu, sakitnya tuh di sini.. Kaprikornus sayangi seperlunya..

(8) Jangan terlalu takut kehilangan.

  • Kalo putus ialah satu-satunya pilihan, mengapa tidak? Gak ada hukum yang menulis kalo orang yang udah matang usianya gak boleh putus. Lagipula ngapain bertahan dalam sebuah kekerabatan yang gak lezat dan bikin sesek. Hubungan cinta harusnya bikin senang dan bukan sebaliknya.
  • Gak perlu takut kehilangannya, alasannya ialah itu udah resiko orang berhubungan. Jangan mau pacaran kalo gak siap putus. Daripada bertahan dalam kekerabatan yang gak berhasil, lebih baik melepasnya pergi. Mungkin ia akan bertemu orang lain yang cocok dan kau pun masih punya kesempatan untuk bertemu orang yang lebih baik darinya.

(9) Berjuang untuk orang yang pantas diperjuangkan.

  • Kalo kau udah ketemu orang yang pas buat kamu, pilihannya ialah memperjuangkannya atau merelakan ia pergi. Diperjuangkan ke siapa? Ke hatimu tentu saja, gres ke orang sekitarmu (ortu, keluarga, temen, masayarakat sekitarmu). 
  • Kamu yang udah kelamaan menjomblo niscaya udah nyaman dengan kesendirian, jadi mutisin berpasangan itu kudu dipikirin baik-baik. Tapi kalo ia pantas diperjuangin kenapa tidak? Buka hati dan pikiran untuk mendapatkan kehadiran orang lain dalam hidupmu. Dia mungkin bukan standar yang diinginkan ortu, mungkin bukan orang yang pantas buatmu berdasarkan orang lain. Tapi kan kau yang akan menjalaninya. Yakinkan hatimu, itu yang penting. Memang sih gak gampang tapi kau pantas mencobanya bukan?

(10) Pergilah jikalau merasa diabaikan.

  • Menjalin kekerabatan butuh komitmen bersama. Kalo ia udah gak komit dan lebih sering ngabaikan kamu, kau bisa milih tetap bertahan sama orang yang gak ngehargain kau ato menentukan pergi. Gak perlu cemas dengan umur. Kamu mencari orang yang terbaik dan kalo ia gak bisa memenuhi harapanmu, tinggalkan dan lanjutkan hidupmu. Kamu lah yang nentuin kebahagiaanmu sendiri.

(11) Cinta boleh fatal tapi karir harus super.

  • Gagal bercinta dan batal nikah bukan kiamat, gan. Lanjutkan hidupmu dan buat dirimu jadi bermanfaat. Tunjukkan pada dirimu bahwa kau bisa berhasil menggapai impian dan cita-citamu meski harus mengalami pahitnya putus cinta dan risikonya memili jomblo.
  • Karir yang berhasil ialah bukti pencapaianmu yang lain, bukti penghargaan atas kemampuanmu.

(12) Karena sukses mengundang cinta yang berkelas.

  • Kesuksesan itu bagai madu yang menciptakan orang lain tertarik. Siapa sih yang tak suka sama orang sukses? Kesuksesanmu bisa membuatmu jadi pilihan. Tinggal kau yang menentukan apakah pengen terus berkarier menuju puncak atau menentukan untuk berpasangan? Kalaupun kau menentukan yang kedua pastikan bahwa orang itu bisa mensupport kesuksesanmu dan mengakibatkan kalian berdua tim yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah 12 tips menjadi jomblo yang bermartabat. Kadang kau harus bangun sendiri alasannya ialah sebagian orang yang kesepakatan akan selalu berdamai denganmu malah ninggalin Kamu.
Yang terbaik bukan lah yang tiba dengan segala kelebihannya. Namun yang tetap bertahan atas segala kekurangan kita. Kalau gak ada yang sanggup ngasi itu, jomblo pun bisa jadi pilihan.

Salam..
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor