Menguak Mitos Mistis Misteri Kegaiban Gunung Ciremai

Kupas Misteri Mistis Mitos Kegaiban Gunung Ciremai

Banyak dongeng pengalaman mistis pendaki gunung ceremai yang terbilang termasuk salah satu gunung paling seram di Jawa Barat ini.Namun alasannya gunung ini ialah gunung tertinggi di jawa barat sehingga banyak pendaki yang merasa tertantang untuk menjelajahi hingga puncak ciremai yang tingginya sekitar 3078 mdpl.
 Kupas Misteri Mistis Mitos Kegaiban Gunung Ciremai   Menguak Mitos Mistis Misteri Kegaiban Gunung Ciremai
  Menguak Misteri Mistis Yang Ada Di Gunung Ciremai
Disamping gunung ciremai sebagai gunung tertinggi juga gunung yang populer keangkerannya yang penuh misteri.Banyak kisah dari pendaki yang tersesat,melihat penampakan,hingga bahkan hingga meninggal dunia di gunung ini.Pada postingan kali ini saya akan menguak misteri keangkeran gunung ciremai menurut sejarahnya.
  • Misteri Batu Lingga Gunung Ciremai

Pada jaman dahulu di ketika bangsa Indonesia di jajah oleh bangsa Portugis,yang waktu itu ingin sekali membunuh para Wali yang ada di nusantara ini.Sehingga para wali termasuk Sunan Gunung Jati,dan para wali songo bersepakat untuk berunding melaksanakan musyawarah yaitu di Gunung Ciremai.
Perjalanan para wali menuju puncak gunung ciremai mereka lakukan lewat jalur yang kini dikenal jalur linggarjati yang dipandu oleh kakeknya sunan gunung jati.
karena jalur Linggar Jati sangat terjal apalagi dengan usia sang Kakek. Di tengah perjalanan, sang kakek tetapkan untuk tidak melanjutkan mendaki,dan istirahat di atas watu besar dengan duduk bersila dan mempersilakan para rombongan Walisongo untuk tetap meneruskan perjalanan mereka hingga menuju puncak Gunung Ciremai.

Bahkan, sehabis para rombongan Walisongo telah simpulan melaksanakan musyawarah dan mengajak sang kakek turun, sang kakek tidak mau turun mungkin alasannya beliau merasa sangat malu pada dirinya sendiri. Sehingga beliau di juluki Satria Kawirangan yang kata kawirangan artinya malu.Satria kawirangan tetapkan untuk tetap bertahan duduk bersila di atas watu besar tersebut yang di sebut watu lingga. Sang kakek  tetap bersemedi untuk bermunajat kepada Tuhan SWT.

Berdasarkan keterangan penduduk orisinil tempat ciremaisebut saja Mbah Saman,pemilik warung makan dan juga penginapan di jalur Linggar Jati, Sang kakek berjuluk Satria Kawirangan tetapkan menghabiskan sisa hidupnya untuk bertapa di atas watu tersebut, dalam waktu yang lama, sehingga di atas watu itu ada bekas berupa cekungan yang membentuk ibarat jantung manusia.

Sekitar tahun 1521, Sunan Gunung Jati mendengar kabar bahwa sang kakek telah meninggal dunia.Maka untuk menghormati sang kakek yang telah bersusah payah memandu Walisongo sewaktu mendaki Gunung Ciremai, Sunan Gunung Jati pun juga tetapkan untuk bersemedi di atas watu besar, tempat kakeknya dulu bersemedi.Sampai kini, watu yang telah digunakan bersemedi oleh Sunan Gunung Jati  dikenal disebut dengan Batu Lingga.

Menurut kabar yang beredar para pendaki yang beruntung, banyak pendaki yang mengaku bahwa mereka pernah ditemui oleh seorang kakek berjubah putih di wilayah area Batu Lingga.

  • Mistis Misteri Penampakan Nenek-Nenek Di Gunung Ciremai

 

Mistis misteri yang berikutnya ialah penampakan yang sering dilihat oleh para pendaki yaitu sosok nenek-nenek yang di temani oleh dua ekor macan tutul.Nenek-nenek itu tidak lain ialah Nyi Linggi.Siapa itu Nyi Linggi kenapa begitu yakin ,baik kita simak sejarahnya.

  Berdasarkan dongeng masyarakat sekitar ciremai ,Maman seorang juru kunci gunung ciremai,cerita Nyi Linggi merupakan ada sangkut pautnya dengan sunan Gunung Jati,yaitu ketika Sunan Gunung Jati telah simpulan melaksanakan semedi di watu lingga dan turun.Nyi Linggi bermaksud ikut bertapa di watu besar tersebut.Nyi Linggi meneruskan laris tapa Sunan Gunung Jati dengan ditemani dua ekor macan peliharaannya.

Akan tetapi Nyi Linggi tidak bisa alias gagal mendapat ilmu Kadigdayaan yang diinginkannya sehingga Nyi Linggi pun meninggal dunia sebelum menuntaskan tapanya.Mayat Nyi Linggi ditemukan oleh masyarakat di atas Batu Lingga.Namun dua ekor macan tutul peliharaannnya tidak di ketahui kemana,sampai kini masih misteri.
Sampai ketika ini Nyi Linggi masih dikenal dan di ceritakan turun temurun oleh masyarakat setempat.Banyak para pendaki yang menuturkan telah melihat sosok nenek-nenek yang ditemani dua ekor macan tutul disekitar Batu besar yang di sebut watu lingga.

  • Mistis Misteri Suara Gamelan Di Gunung Ciremai

Suara gamelan jawa terdengar di gunung,kalau dipikir secara logika siapa si yang mengadakan program gamelan di tempat yang jauh dari pemukiman warga.Ya bunyi gamelan yang sering terdengar di gunung ciremai merupakan ulah dari para makhluk halus yang tujuannya menciptakan pendaki tersesat.Dengan memanfaatkan rasa ingin tau para pendaki,dan padahal kalau di kita telusuri bunyi itu semakin kita cari bunyi itu semakin menjauh dan itulah yang akan menciptakan pendaki yang tidak fokus menjadi tersesat.Jadi lebih baik hiraukan saja.

  • Mistis Misteri Kemunculan Burung Jalak Dan Tawon Hitam Di Gunung Ciremai

Burung jalak hitam dan tawon hitam akan muncul di ketika pendaki hingga di Pos 6 atau Pos Pangalap dan akan selalu mengikuti pendaki dari pos 6 hingga pos seruni.Walaupun kadang kedatangan tawon hitam itu mengganggu ,kita dihentikan untuk mengusik mereka.Jika di laga kemungkinan kau akan mengalami insiden yang tidak di harapkan.
Kenapa kedua hewan itu hanya ada di area pos 6 hingga seruni saja.mungkin wilayah kekuasaannya hanya 
di sekitar itu saja.Hingga kini masih misteri.

  • Mistis Misteri Tanjakan Bapa Tere Di Gunung Ciremai

Tanjakan Bapa Tere akan kau temui kalau kau melaksanakan pendakian gunung ciremai lewat jalur linggar jati,sekitar di ketinggian 20200 mdpl.Tanjakan ini merupakan jalur ekstrim yang populer buat para pendaki ciremai,untuk menaikinya harus merangkak.Kenapa di namakan Tanjakan Bapa Tere? Ada dua tanggapan yaitu:
·         Dinamakan tanjakan bapa tere alasannya tanjakannya sangat menyiksa untuk didaki,sebagaimana perlakuan bapa atau ayah tiri pada anak tirinya yang di kenal menyiksa
·         Dinamakan tanjakan bapa tere alasannya kisahnya dahulu ada seorang bapak atau ayah tiri mengajak anak tirinya naik gunung ciremai,dan ketika mereka turun gunung sang ayah membunuh anak tirinya di atas tanjakan itu.

  • Mistis Misteri Gunung Ciremai Harus Menginjak Bumi

Pesan dari juru kunci gunung ciremai,Maman yaitu kalau kau telah memasuki wilayah gunung ciremai,sebaiknya berhenti dahulu,kemudian injaklah tanah 3 kali sembari ucapkan salam, , Assalamu'alaikum.Agar kita tidak diganggu oleh dedemit yang ada di gunung ciremai.

  • Mistis Misteri Kuburan Kuda Gunung Ciremai

Menurut juru kunci yang di ceritakan sesepuhnya bahwa jaman dahulu banyak insan dan kuda yang menjadi tunggangannya meninggal alasannya sudah tidak besar lengan berkuasa dipaksa kerja oleh penjajah.Yang paling populer kemistisannya ialah Blok Kuburan Kuda.Di wilayah ini konon katanya terdapat kuburan kuda yang dulunya milik tentara jepang. Kuda tersebut , dulunya dipergunakan oleh para kempetai jepang untuk mengontrol pekerja rodi yang dipaksa menanam kopi.kuburan ini terletak di sebelah barat jalur pendakian, hingga kini masih ada dan masih dikeramatkan oleh penduduk setempat

  • Mitos Pantangan Naik Gunung Ciremai

Jika ingin selamat melaksanakan pendakian ke gunung ciremai ada beberapa hal yang harus di patuhi,yaitu:
  1. Dilarang mengeluh
  2. Dilarang memegang lutut
  3. Dilarang kencing dan buang air sembarangan
  4. Diharuskan mengucap salam ketika hingga di setiap pos pendakian

Itulah Beberapa mistis misteri mitos penunggu gunung ciremai di jawa barat

jangan lewatkan Mistis misteri menguak kampung siluman gunung salak

Terlepas dari kalian percaya atau tidak dengan mitos mistis misteri yang ada di gunung ciremai ,kalian harus mematuhinya alasannya kalau kita menjaga alam,alam juga akan menjaga kita
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor