Ajining Raga Dumuning Ana Ing Busana

Ajining Raga Dumuning Ana Ing Busana

Secara harfiah pepatah tersebut di atas berarti harga diri dari fisik (tubuh) terletak pada pakaian.

Pepatah ini ingin menyatakan bahwa bila seseorang berbusana dengan sembarangan di sembarang tempat, maka ketubuhan (dan jati dirinya) tidak akan dihargai oleh orang lain.

Suatu pola misalnya, kita mengenakan pakaian renang lalu menemui tamu yang berkunjung ke kita atau sebaliknya. Dapat dibayangkan bagaimana respon atau jawaban orang lain terhadap kita. Sungguhpun pakaian renang yang kita kenakan berharga jutaan rupiah misalnya, orang tetap tidak akan menghargai kita alasannya yakni apa yang kita kenakan tidak sempurna penempatannya.

Bisa juga diambil pola kita tiba ke sebuah pelayatan, namun kita tiba ke sana dengan mengenakan pakaian pesta yang dilengkapi dengan perhiasan. Orang pun bisa menanggapi kita sebagai orang yang tidak bisa menempatkan diri.

Pada pada dasarnya pepatah di atas ingin menegaskan kepada kita semoga kita bisa menghargai diri sendiri dengan berbusana yang pantas, daerah yang tepat, serta waktu yang sesuai. Dengan begitu kita tidak akan jadi materi tertawaan, juga tidak akan mengganggu keselarasan kekerabatan sosial.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor