Angon Mongso

Angon Mongso

Artinya: Tepat saatnya bertindak.

Boleh jadi kesempatan dalam hidup itu tidak selalu tiba dalam hidup kita.. Dan kesempatan itu ada kalau itu memenuhi kriteria kalau memang sudah sempurna saatnya. Pada umumnya orang menyampaikan bahwa segala hal sudah “diatur” dan ada waktunya masing-masing, ini sebetulnya ungkapan ketidak pastian bukan bentuk ungkapan kepasrahan, lebih banyak menghibur diri.
Sesuatu sudah ketika tidaknya alasannya yaitu memang telah memenuhi hukum yang telah kita proses, dan yang lebih penting yaitu bertindak-nya. Kapan kita tahu waktu yang tepat? Saat semua sudah penuhi hukum yang ada dari hal/sesuatu yang kita perjuangkan.

Dalam Kehidupan berumah tangga, “Angon Mongso”, keluarga lahir dari sebuah janji hidup, ketika hukum janji hidup di ucapkan maka ketika itulah segala hal telah siap. Namun kadang janji hidup ini hanya berasal dari ego kita semata, bukan dari kita memenuhi hukum hidup itu sendiri…

Dalam hubungan orang bau tanah dan anak (Guru dan Murid), ada istilah ketika murid siap maka guru akan datang, ini mungkin ungkapan yang mau mengajarkan bahwa segala hal yang sudah saatnya maka guru akan bertindak secara tepat.. Temasuk dalam hal ini, orang bau tanah mendidik kita sesuai skala waktu anak-anaknya.

Dalam hubungan keluarga dengan keluarga lain (bermasyarakat), jangan terburu-buru tetapkan segala sesuatu yang bekerjasama dengan harkat hidup orang banyak, bila kita dipercaya dalama masyarakat. Kehati-hatian ini bukan alasannya yaitu takut bertindak, tapi yaitu kita menunggu waktu yang sempurna dengan memenuhi hukum yang akan menunjang apa yang akan dilakukan, alasannya yaitu kalau belum matang, maka buah hanya dapat di jadikan rusak, tanpa dapat dinikmati manisnya, artinya kalau belum siap/belum saatnya maka kalau dipaksakan hal yang kita inginkan dapat menjadi bentuk lain yang dapat tidak sesuai cita-cita orang banyak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Angon Mongso"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel