Becik Ketitik, Ala Ketara

 Becik Ketitik, Ala Ketara

Artinya: Kebaikan akan tampak, keburukan akan terlihat.

Pamrih… Adalah kata yang mendasari tindakan dari yang dilakukan oleh kita, segala hal yang akan di lakukan selalu didasari dengan pamrih. Padahal tanpa dasar itu maka segalanya akan tanpak terang nantinya. Yang berbuat baik berpamrih untuk di hargai, disanjung, diakui, sedangkan yang berbuat keburukan berpamrih biar tidak ketahuan, niatnya disembunyikan, menuduh.
Segala hal yang terjadi atau yang kita lakukan akan senantiasa muncul dan tampak dengan jelas, menyerupai baik yaitu aroma Durian, menyerupai buruk yaitu bacin bangkai, akan tercium pula.
Maka maksud dari falsafah ini yaitu Jika berbuat baik, maka lakukan saja, jangan berpikir/menimbang, kalau akan ada perbuatan baik, maka hentikan, janganlah beragumen/dispensasi pada diri untuk memperlihatkan alasan besar lengan berkuasa biar melakukan.

Dalam kehidupan berumah tangga, “Becik Ketitik, Ala Ketara”, Perhatianlah dan dengerkanlah dengan penuh pasangan anda. Janganlah cuek/mengeluh, janganlah suka membantah, tapi hargailah apapun itu, saling mendengerkan.

Dalam relasi orang bau tanah dan anak (Guru dan Murid), Ketulusan orang tua/guru menuntun anak/murid akan terlihat terang dan tampak dari laris mereka kelak, menyerupai merawat tanaman dengan baik, tinggal menunggu bunga dan berbuah. Anak/murid secara serius menghargai dan mengenang orang tua/guru, cara menghargai yaitu dengan melaksanakan apa yang di ajarakan, sebab akan tampak terang hasil dari tuntunan kalau dilakukan.

Dalam relasi keluarga dengan keluarga lain (bermasyarakat), menyerupai pepatah bahwa kalau ajudan berbuat kebajikan maka jangan hingga tertangkap tangan tangan kiri, maka perbuatan baik tidaklah harus sebab untuk di hargai dan di pandang, tapi sebab memang kita potongan dari satu badan yang utuh (seperti tangan).
Berbuat kebajikan sendiri di bagi atas, tidak melaksanakan hal yang buruk dan berbuatlah hal yang baik.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor