desa mawa cara negara mawa tata kalebu tembung

Contoh desa mawa cara negara mawa tata kalebu tembung Artinya

Contoh desa mawa cara negara mawa tata kalebu tembung Artinya


desa mawa cara negara mawa tata
Artinya : Setiap kelompok punya budaya adab istiadat.

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, inilah suatu ungkapan pentingnya bagi setiap orang melihat perbedaan yang ada pada diri orang lain maupun kelompok. Ada kata seorang taktik perang, mengatakan: Merusak suatu bangsa, caranya dengan merusak generasi muda-nya.

Generasi muda yang rusak disini ternyata ialah generasi yang tidak mengenal adab istiadat budaya bangsanya sendiri. Kecenderungan insan hidup dalam komunitasnya masing-masing, mungkin ini bab dari insting bertahan hidup, bahwa lebih nyaman pada komunitasnya. Dari sanalah “Cara” itu di bentuk, kemudian menjadi besar menjadi suatu kelompok yang perlu adanya “Tata” semoga masing-masing ego kelompok tidak bertabrakan.

Nah.. merusak generasi ialah menabrakan antara cara dan tata nya, atau bahkan menghancurkan pegangan mereka dengan cara dan tata yang lain, yang cenderung merusak.

Dalam Kehidupan berumah tangga, “Desa Mawa Cara, Negara Mawa Tata” dua langsung yang menyatu membentuk budaya keluarga yang baru, tentu tidak meninggalkan akarnya masing-masing, maka tetaplah selalu dalam plural yang menyatu, sehingga menjadi keluarga yang Baik.

Dalam korelasi orang renta dan anak (Guru dan Murid), orang renta dan guru yang baik ialah mereka yang tidak menghapus jati diri anak dan murid mereka sendiri. Orang renta dan guru akan mengajarkan adab istiadat yang luhur semoga demi kemajuan anak dan murid dalam menyebarkan jati diri.

Dalam korelasi keluarga dengan keluarga lain (bermasyarakat), pandai-pandailah kita menghargai dan menghormati adab istiadat dalam sebuah masyarakat jikalau kita merupakan orang yang gres masuk ke dalamnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "desa mawa cara negara mawa tata kalebu tembung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel