Kaum Nabi Hud As

Nabi Hud diutus untuk kaum ‘Ad. Mereka mendustakan kenabian Nabi Hud.
Nabi Hud menyeru kepada kaumnya biar mengesakan Allah dan meninggalkan kemaksiatan yang dilakukan. Namun segala seruan dan seruan Nabi Hud berbuah ejekan, cemoohan dan pengingkaran dari bangsa ‘Ad. Kaum ‘Ad dikenal sebagai bangsa yang cerdas dan mempunyai teknologi untuk membangun gedung-gedung bertingkat.

Namun kehandalan dan kehebatan mereka menyebabkan mereka sombong, berlaku bengis, zalim, dan mengingkari seruan dakwah yang disampaikan Nabi Hud as. Akibat kedustaan-kedustaan yang dilakukan bangsa ‘Ad, Allah SWT menurunkan azabnya sangat pedih. Quran menjelaskan dengan sangat terang tantang hal ini. “Adapun kaum ‘Ad, maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat cuek lagi amat kencang,

Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari terus-menerus; maka kau lihat kaum ‘Ad pada waktu itu mati bergelimpangan seolah-olah mereka tunggul-tunggul pohon kurma yang telah kosong (lapuk).

Maka kau tidak melihat seorang pun yang tinggal di antara mereka.” (QS Al Haaqqah, 69: 6-8) Bukti-bukti reruntuhan peradaban bangsa Ad ditemukan para peneliti Barat pada tahun 1990-an di sebuah wilayah yang dikenal ‘Ubar, di wilayah Yaman.

Menariknya, apa yang mereka temukan sama persis menyerupai yang dikisahkan dalam Alquran. Dr Zarins, seorang anggota tim penelitian yang memimpin penggalian menyampaikan alasannya yakni menara-menara itu disebut sebagai bentuk khas kota ‘Ubar, dan alasannya yakni Iram disebut mempunyai menara-menara atau tiang-tiang, maka itulah bukti terkuat sejauh ini, bahwa situs yang mereka gali yakni Iram, kota kaum ‘Ad yang disebutkan dalam Alquran: “Apakah kau tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum ‘Ad, (yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi yang belum pernah dibangun (suatu kota) menyerupai itu, di negeri-negeri lain.” (QS Al Fajr, 89: 6-8)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kaum Nabi Hud As"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel