Nabi Yaqub As

Suatu hari tejadilah pertengkaran antara Ya'qub dan kakaknya, Al-Ish. Agar tidak berkelanjutan, atas usulan istrinya, Nabi Ishaq mengizinkan Ya'qub pergi ke Laban, paman dari ibunya yang tinggal di Haran, Irak. Di sanalah hasilnya Ya'qub menetap.

Setelah berakal balig cukup akal Ya'qub ingin menikahi putri Laban tercantik, berjulukan Rahil. Namun ia terpaksa dikawinkan lebih dulu dengan putri Laban yang tertua berjulukan Laiah. Syariat saat itu memang tidak melarang seorang lelaki menikahi dua perempuan sekandung. Laiah dan Rahil, masing-masing mempunyai seorang budak perempuan santunan orang-tuanya, yaitu Zulfa dan Balha. Kedua budak tersebut kemudian dihadiahkan kepada Ya'qub untuk dinikahi.

Dari keempat istrinya itu, Ya'qub dikaruniai 12 orang putra. Mereka ialah 1) Rubil, 2) Yahuda; 3) Syam'un; 4) Lawi; 5) Yusuf; 6) Benyamin; 7) Yasakho; 8) Zabulun; 9) Dana; 10) Naftali; 11) Kal; dan 12) Asyar.

Tentang Nabi Ya'qub as., Al-Qur'an menceritakan, "Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrohim, Ishaq, dan Ya'qub yang mempunyai kekuatan-kekuatan yang besar dan ilmu-ilmu (yang tinggi). Sungguh Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan) adat yang tinggi kepadanya, yaitu selalu mengingatkan (manusia)ke negeri akhirat." (QS. 38/Shod: 45-46).

Adakah kau menyaksikan saat Ya'qub mendekati janjkematian berkata kepada anak-anaknya, "Apa yang akan kau sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab, "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek-moyangmu Ibrohim, Ismasil, dan Ishaq, (yakni) Tuhan Yang Esa dan kami hanya Islam (berserah diri) kepada-Nya." (QS. 2/ Al-Baqoroh: 133)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor