Raden Taruhlintang

Kecantikan Dewi Arum Sari dari kerajaan Cirebon menciptakan banyak pangeran mencoba untuk mendapat hati Dewi Arum Sari. Tetapi Dewi Arum Sari tidak tertarik dengan para Pangeran itu.

Dewi Arum Sari teringat dengan seorang laki-laki yang pernah menolongnya ketika ia diserang oleh perampok. Sayangnya sosok laki-laki itu eksklusif pergi sehabis menolong Dewi Arum Sari tanpa menyebutkan nama dan asal-usulnya. Sosok laki-laki itu selalu membayangi hari-hari Dewi Arum Sari. Walaupun Dewi Arum Sari sangat menyayangi sosok laki-laki itu, Dewi Arum Sari tidak pernah mengungkapkan perasaannya itu kepada ayahnya alasannya yakni Dewi Arum Sari tahu bahwa ayahnya sangat menginginkan memiliki menantu seorang pangeran. Kecantikan Dewi Arum Sari ternyata tidak serta merta mendatangkan kebahagiaan.

Dewi Arum Sari diculik oleh seorang raksasa berjulukan Wira Gora alasannya yakni kecantikannya. Tidak ada prajurit istana yang sanggup menghadang raksasa Wira Gora. Ayah Dewi Arum Sari sangat duka atas hilangnya Dewi Arum Sari. Ayah Dewi Arum Sari kemudian menciptakan sayembara, “Barang siapa yang sanggup mengembalikan Dewi Arum Sari, kalau perempuan akan dijadikan anak, kalau laki-laki akan dinikahkan dengan Dewi Arum Sari”. Dengan adanya sayembara itu, orang-orang dari seluruh negeri berusaha untuk membebaskan Dewi Arum Sari. Salah seorang di antara mereka yakni Raden Wira Santika. Raden Wira Santika populer dengan kepandaian ilmu bela dirinya. Orang-orang yang ikut perlombaan bekerjsama segan dengan Raden Wira Santika. Tetapi alasannya yakni tergirur dengan hadiah yang ditawarkan, orang-orang tetap mengikuti sayembara.

Sementara itu di tengah hutan, Wira Gora yang membawa Dewi Arum Sari, bertemu dengan Raden Tarulintang. Raden Tarulintang yakni seorang perjaka yang tinggal di hutan dan belajar kepada Ki Tapak Jagat. Raden Tarulintang yang melihat Dewi Arum Sari di tangan raksasa Wira Gora berusaha untuk menyelamatkan Dewi Arum Sari. Tetapi kesaktian Wira Gora tidak sanggup ditandingi oleh Raden Tarulintang. Raden Tarulintang berhasil dibentuk babak belur oleh Wira Gora. Wira Gora kembali membawa Dewi Arum Sari pergi ke tempatnya. Raden Tarulintang yang babak belur kemudian ditolong oleh Ki Tapak Jagat.

Sementara itu, Raden Wira Santika dan orang-orang yang ikut sayembara memasuki hutan untuk mencari Dewi Arum Sari. Raden Wira Santika yang ingin mendapat Dewi Arum Sari kemudian menciptakan jebakan untuk akseptor sayembara yang lain sampai menciptakan akseptor sayembara yang lain tidak sanggup lagi mengikuti sayembara. Hanya tinggal Raden Wira Santika sendiri yang mengikuti sayembara itu.

Raden Tarulintang diobati oleh Ki Tapak Jagat. Ternyata Raden Tarulintang mengenal Dewi Arum Sari. Raden Tarulintang kemudian mempelajari ilmu gres supaya sanggup mengalahkan Wira Gora. Raden Tarulintang berlatih dengan sungguh-sungguh alasannya yakni ia merasa jatuh cinta kepada Dewi Arum Sari. Ternyata Raden Tarulintang yakni orang yang pernah menolong Dewi Arum Sari ketika dihadang perampok. Raden Tarulintang juga selalu terbayang-bayang wajah Dewi Arum Sari yang cantik.

Raden Wira Santika yang mencari Wira Gora jadinya berhasil menemukan Dewi Arum Sari. Saat berhadapan dengan Wira Gora, Wira Gora eksklusif memberi hormat kepada Raden Wira Santika. Ternyata Raden Wira Santik yakni orang yang menyuruh Wira Gora untuk menculik Dewi Arum Sari. Wira Santika sangat dendam alasannya yakni ia pernah ditolak oleh Dewi Arum Sari dan ingin memperistri Dewi Arum Sari secara paksa. Tetapi ketika Wira Santika mendengar sayembara yang diumumkan oleh ayah Dewi Arum Sari, Wira Santika ingin memenangkan sayembara itu supaya sanggup memperistri Dewi Arum Sari secara syah.

Ternyata informasi bahwa Wira Gora merupakan anak buah Wira Santika ini diketahui oleh Dewi Arum Sari. Dewi Arum Sari tidak mau menjadi istri dari Wira Santika. Wira Santika sudah membujuk Dewi Arum Sari dengan banyak sekali cara, tetapi Dewi Arum Sari tetap tidak mau menikah dengan Wira Santika. Akhirnya Wira Santika menciptakan Dewi Arum Sari jatuh cinta kepadanya dengan kekuatan dari Wira Gora. Wira Gora memiliki kekuatan hipnotis yang susah untuk dihilangkan. Akhirnya Dewi Arum Sari mau menjadi istri Wira Santika. Pernikahan akan dilangsungkan di istana ayah Dewi Arum Sari. Wira Santika kemudian membawa Dewi Arum Sari kembali ke kerajaan.

Sementara itu, Raden Tarulintang yang mencari Wira Gora jadinya berhasil menemukan persembunyian Wira Gora. Setelah terjadi pertarungan seru, Raden Tarulintang berhasil mengalahkan Wira Gora. Tetapi Raden Tarulintang tidak menemukan Dewi Arum Sari. Setelah dipaksa, jadinya Wira Gora menyampaikan bahwa Dewi Arum Sari sudah dibawa oleh Wira Santika ke istana. Tetapi Wira Gora menyampaikan bahwa perjuangan Raden Tarulintang hanya akan sia-sia saja alasannya yakni Dewi Arum Sari kini berada di bawah imbas ilmunya. Seberapapun perjuangan Raden Tarulintang tidak akan sanggup berhasil alasannya yakni ilmu Wira Gora hanya sanggup dihilangkan dengan mendapat mustika ular. Demi cintanya kepada Dewi Arum Sari, Tarulintang pergi mencari mustika ular.

Mustika ular dikenal oleh rakyat kerajaan Cirebon sebagai mustika sakti. Untuk mendapatkannya pun tidak mudah. Banyak orang yang berusaha mendapat mustika ular untuk menambah kesaktiannya, tetapi orang-orang yang mencari mustika ular itu tidak pernah kembali lagi. Ular yang memiliki mustika itu yakni ular raksasa yang tinggal di sebuah goa di gunung berapi.

Dewi Arum Sari dan Wira Santika tiba di istana. Semua senang menyambut kedatangan Dewi Arum Sari. Tetapi penasehat raja tidak senang dengan Wira Santika. Penasehat itu sudah tahu sepak terjang Wira Santika yang suka menindas rakyat kecil. penasehat khawatir dengan keadaan rakyat kalau Wira Santika nanti diangkat menjadi raja. Ayah Dewi Arum Sari yang mengetahui hal itu tidak sanggup membatalkan janjinya untuk menikahkan lelaki yang sanggup menyelamatkan Dewi Arum Sari. Apalagi Dewi Arum Sari yang sudah dibawah imbas ilmu Wira Gora terlihat sangat menyayangi Wira Santika. Pernikahan akan dilangsungkan tiga hari lagi.

Sementara itu Raden Tarulintang yang mencari mustika ular jadinya berhasil menemukan ular yang memiliki mustika di kepalanya. Ternyata ular raksasa yang memiliki mustika itu sangat sakti. Raden Tarulintang sempat kewalahan. Tetapi, jadinya Raden Tarulintang berhasil mendapat mustika ular itu. Raden Tarulintang eksklusif pergi ke istana.

Sudah tiga hari berlalu. Pernikahan antara Wira Santika dan Dewi Arum Sari akan segera digelar. Ayah Dewi Arum Sari terlihat hanya sanggup pasrah. Sudah banyak tabib yang belakang layar disuruh untuk menyembuhkan Dewi Arum Sari, tetapi tidak ada satupun yang berhasil. Di dikala terakhir ijab kabul akan dilangsungkan, Raden Tarulintang tiba sambil membawa kerikil mustika ular.

Dewi Arum Sari berhasil disembuhkan. Wira Santika sangat murka dan menyerang Raden Tarulintang. Setelah terjadi perkelahian beberapa waktu lamanya, jadinya Raden Tarulintang berhasil mengalahkan Wira Santika. Dewi Arum Sari sangat senang melihat Raden Tarulintang yang selama ini selalu diimpikannya. Akhirnya raja menikahkan Raden Tarulintang dan Dewi Arum Sari. Raden Tarulintang kemudian diangkat menjadi patih dengan gelar Dipati Arya Kusumah.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor