Sapa Gawe Bakal Nganggo

Sapa Gawe Bakal Nganggo

Peribahasa atau pepatah Jawa di atas secara harfiah berarti siapa menciptakan bakal memakai. Secara luas pepatah tersebut bermakna bahwa siapa pun yang menciptakan sesuatu beliau sendirilah yang akan memakainya. Artinya, bahwa apa pun yang dilakukan seseorang, beliau sendirilah yang akan bertanggung jawab.

Jika seseorang berbuat baik, maka ia pulalah yang akan menggunakan kebaikan itu. Demikian juga bila ia berbuat sebaliknya. Pepatah ini bergotong-royong merupakan representasi dari dogma akan adanya aturan eksekusi alam atau aturan keseimbangan alam. Oleh alasannya yaitu itu bagi masyarakat yang mempercayai hal itu mereka akan sangat hati-hati untuk berbuat alasannya yaitu mereka sadar bahwa perbuatannya akan berdampak pada dirinya sendiri dan mungkin kepada famili dan keturunannya.

Hal menyerupai sanggup dicontohkan contohnya apabila kita merusak alam, maka alam akan hancur dan kehancuran alam itu akan berdampak menghancurkan hidup kita. Dapat juga dicontohkan contohnya apabila kita selalu berbuat jahat kepada orang lain, entah disengaja atau tidak kita pun kelak akan dijahati atau dirugikan oleh tindakan orang lain atau oleh alam. Mungkin juga akhir perbuatan kita itu maka keturunan kitalah yang akan mendapatkan akhir atau resikonya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recent Posts

Entri yang Diunggulkan

Jasa Pelet Mahar Setelah Berhasil

Pesan kata

Jasa pelet Murah Ampuh Terbukti ini dikhususkan hanya untuk pemesan yang MEMBUTUHKAN dalam berpikir dan bertindak dengan baik.
Sadar akan semua syarat yang ada dalam memaharkan jasa pelet Mbah Gewor.
Bukan bersikap seperti anak kecil, labil, dan berharap jasa pelet mahar setelah berhasil dari Mbah Gewor