Bolu Rambatan Lemah

Bolu Rambatan Lemah

Artinya, bolu (sejenis flora yang tumbuh merambat), rambatan lemah (merambat di tanah). Terjemahan bebasnya, flora bolu yang merambat di atas tanah. Makna yang ingin disampaikan adalah, citra dari suatu masalah yang saling terkait dengan begitu rumitnya, sehingga sulit diselesaikan alasannya ialah masalahnya terus berkembang meluas.

Di Indonesia, pola permasalahan ibarat ini sangat banyak. Misalnya saja, masalah korupsi. Meskipun sudah memakai banyak sekali macam cara untuk mengatasinya, namun tetap saja korupsi belum sanggup diberantas hingga tuntas. Bahkan, muncul tanda-tanda berkembang kemana-mana. Bahkan, di kawasan terpencil pun ada koruptor, mulai dari kelas teri hingga yang berskala ratusan juta rupiah.

Keadaan demikian mengindikasikan bahwa kesempatan dan pelaku korupsi tidak sanggup digambarkan ibarat halnya “pepohonan besar di hutan belantara”. Melainkan sama halnya bolu yang merambat di tanah, atau rumpun ilalang yang akibatnya akan memenuhi lahan bila tidak dibongkar hingga akar-akarnya. Banyak permasalahan yang sepertinya kecil, sederhana, namun kita jangan terkecoh dan harus tetap waspada. Sebab, bila dibiarkan, bukan tidak mungkin nanti akan menjadi masalah besar yang sulit diberantas alasannya ialah akarnya telah menjalar ke dalam langsung jutaan orang.

0 Response to "Bolu Rambatan Lemah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel