Ngalem Legining Gula

Ngalem Legining Gula
Artinya: Memuji yang memang pintar/baik.

Ada dua sisi yang sanggup dipetik pelajaran dari falsafah ini… Yang pertama ialah bahwa memang orang yang pintar/baik sudah selayaknya untuk diberikan kebanggaan dan penghargaan, sehingga sanggup dijadikan pola bagi yang lain. Namun di samping itu juga yang kedua ialah bahwa tidak usah berlebihan untuk muji-muji orang yang semua orang sudah tahu orang itu baik, alasannya ialah terkesan hanya sebagai penjilat saja.

Penting memperlihatkan penghargaan atau pujian, tapi ialah lebih penting ialah bahwa bagaimana kita menteladani yang pintar/baik atau bahkan menjadi teladan bagi orang lain, tanpa punya motif mau mengambil laba dari dari orang lain.

Dalam Kehidupan berumah tangga, “Ngalem Legining Gula”, digunakan untuk saling membangun komunikasi kedalam atau kepada pasangan sendiri. Saling memperlihatkan kebanggaan dan saling memperlihatkan teladan ialah hal baik yang harus terus dilakukan semoga kehihidupan rumah tangga tidak statis.

Dalam korelasi orang renta dan anak (Guru dan Murid), kadang orang tua/guru tidak ingin memperlihatkan kebanggaan kepada anak-anak/muridnya alasannya ialah dikhawatirkan mereka berhenti untuk berguru dan merasa sudah cukup. Namun kebanggaan ada biasanya ditunjukan melalui perhatian yang diberikan. Makara anak-anak/murid belajarlah bukan untuk sanggup pengakuan/pujian dari orang tua/guru, tapi alasannya ialah memang itu akan ada, namanya gula itu niscaya legit/manis, yang namanya kebaikan/kepintaran akan ada penghargaan/pujian-nya.

Dalam korelasi keluarga dengan keluarga lain (bermasyarakat), dalam masyarakat kita banyak jumpai bahwa kadang kita memuji seseorang dengan tidak lapang dada padahal mereka memang layak diberikan pujian, dan alasannya ialah memang mereka baik/pinter, hal ini sanggup didasari karena kita terlalu banyak memperlihatkan sekat/predikat/kotak, sehingga kalau bukan dari golongan/kelompoknya maka ya jadi gak tulus.

Akan tetapi ialah yang terpenting ialah mari kita berlomba-lomba berbuat kebajikan sebanyak-banyaknya tanpa perlu ada motif tertentu.

0 Response to "Ngalem Legining Gula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel