Doa Memohon Kontribusi Untuk Anak Dari Kejahatan Semua Makhluk

Akhir-akhir ini banyak bencana yang menciptakan orang renta khawatir terhadap keselamatan anak-anaknya. Ada kasus penculikan anak untuk diperdagangkan organnya, tindakan asusila terhadap bawah umur dan juga kasus-kasus kekerasan yang banyak terjadi pada anak. Semua itu mengkhawatirkan kita semua sebagai orang renta yang mempunyai anak belum cukup dewasa, sehingga kita harus berdoa memohon derma kepada Allah agar menjaga bawah umur kita dari kejahatan seluruh makhluk.

Dibawah ini ada beberapa bacaan doa mohon derma untuk anak kita  yang sanggup kita amalkan setiap saat  atau paling tidak setiap kita habis melaksanakan sholat fardhu kita membaca doa ini. Rasulullah SAW pun juga membaca doa mohon derma untuk cucunya yaitu Hasan dan Husain.


akhir ini banyak bencana yang menciptakan orang renta khawatir terhadap keselamatan anak Doa Memohon Perlindungan Untuk Anak Dari Kejahatan Semua Makhluk



Dalam sebuah riwayat dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memohonkan derma untuk Hasan dan Husain. Rasulullah membaca:

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة

U'IIDHUKUMAA BIKALIMAATIL LAAHIT TAAMMATI MIN KULLI SYAITHOONIN WA HAAMMATIN WAMINKULLI 'AININ LAAMMATI

 Artinya :

"Aku memohon derma dengan kalimat Allah yang tepat untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan hewan berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang menciptakan sakit." (HR. Bukhari & Abu Daud )

Dalam hadis Ibnu Abbas di atas, sehabis Rasulullah mengajarkan doa tersebut, dia bersabda,

كَانَ أَبُوكُمْ يعوذ بِهِمَا إِسْمَاعِيل وَإِسْحَاق
 Artinya :

"Ayah kalian (Ibrahim) memohon derma untuk Ismail dan Ishaq dengan kalimat doa tersebut." (HR. Abu Daud).


Dari Muhammad bin Ali dari ayahnya, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memohonkan derma untuk Hasan dan Husain, dia membaca,

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة
 Artinya :

"Aku memohon derma dengan kalimat Allah yang tepat untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan hewan berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang menciptakan sakit."

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَوِّذُوا بِهَا أَبْنَاءَكُمْ، فَإِنَّ إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، كَانَ يُعَوِّذُ بِهَا ابْنَيْهِ إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ
 Artinya :

"Jadikanlah kalimat ini untuk memohon derma dari gangguan setan bagi anak kalian. Karena Ibrahim ‘alaihis salam, dia memohon derma untuk Ismail dan Ishaq dengan kalimat doa tersebut." (HR. Abdur Razaq dalam Mushannaf, no. 7987).

Selain memakai doa derma untuk anak di atas, bagi orang renta juga disunnahkan memperbanyak derma kepada Allah untuk anak setiap pagi dan sore hari semampunya atau dari waktu ke waktu. Caranya yaitu  dengan  meniup atau meludah tipis di tangan dan membacakan al Mu’awwidzaat  (surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas), sehabis itu mengusapkannya ke seluruh tubuh anak sebanyak tiga kali. Ini juga yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mengeluh alasannya yaitu mencicipi sesuatu, maka dia melakukannya dan mengusapkannya ke kepala dan seluruh badan. Beliau melaksanakan hal itu ketika hendak tidur.

Dalam hadist disebutkan:

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kalau hendak berbaring untuk tidur, maka ia meniupkan ke tangannya, kemudian membaca al Mu’awwidzaat (surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas) dan mengusapkan kedua tangannya ke seluruh badan.”

(HR. Al-Bukhari [Fat-hul Baari XI/125] dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha).

Dan dalam riwayat al-Bukhari [al-Fath IX/62], Muslim [Syarh an-Nawawi XIV/183], dari hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha juga, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kalau mencicipi sesuatu pada dirinya, maka Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam meniup pada kedua telapak tangannya dan membaca al Mu’awwidzaat (surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas), kemudian mengusap seluruh badannya.

Demikian klarifikasi ihwal doa mohon derma untuk anak dari segala kejahatan makhluk dan juga dari segala marabahaya. Silahkan diamalkan alasannya yaitu Nabi juga mengamalkannya ketika mohon derma untuk cucunya Hasan-Husain, juga Nabi Ibrahim yang berdoa mohon derma untuk putranya yiatu Ismail dan Ishaq.


Semoga bermanfaat...

0 Response to "Doa Memohon Kontribusi Untuk Anak Dari Kejahatan Semua Makhluk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel