Sejarah Dan Perkembangan Gerakan Tari Kecak Bali

Makna Sinopsis Unsur Fungsi Jenis Sejarah Dan Perkembangan Tari Kecak Bali

Makna Sinopsis Unsur Fungsi Jenis Sejarah Dan Perkembangan Tari Kecak Bali



Mungkin Anda sudah digunakan untuk menonton liburan Kecak aksi di Bali. Namun, apakah Anda tahu tentang sejarah dan asal-usul tarian? Rupanya Kecak telah makna mendalam terkait dengan keindahan, nilai-nilai agama dan pesan moral, kau tahu.

Kecak biasa disebut tari Cak dan tari api. Tarian ini merupakan perwakilan massa hiburan pertunjukan tari dan seni peran tidak disertai dengan alat musik atau musisi. Namun, hanya ditemani oleh penari laki-laki kelompok paduan suara sekitar 70 orang berbaris melingkar memakai ubin kain penutup untuk membentuk kotak-kotak. Tarian ini sangat sakral, melihat penari yang terbakar, tapi kekebalan dan tidak membakar.

Belum ada yang tahu darimana awal mulanya tari kecak muncul dan pertama kali berkembang. Namun terdapat sebuah janji dari masyarakat Bali Kecak yang menyebutkan bahwa Tari kecak pertama kali berkembang di Bona, Gianyar. Pada awalnya tari kecak merupakan suatu seni musik yang di hasilkan dari perpaduan bunyi yang biasa mengiringi tarian sahyang. Pada mulanya hanya sanggup di pentaskan di pura, sebab Tarian Sahyang merupakan salah satu tarian sakral. Namun pada tahun 1930an muncul seorang seniman berjulukan Wayan Limbak yang bekerja sama dengan seorang pelukis dari Jerman yang berjulukan Walter Spies yang mencoba membuatkan tarian ini dengan mengambil cuilan dari kisah ramayana yang di dramatarikan sebagai pengganti dari tarian sahyang dengan tujuan semoga tarian ini sanggup dipentaskan di depan khalayak ramai. Bagian kisah yang diambil dan di dramatarikan awalnya ialah dikala Dewi Shinta di culik oleh Raja Rahwana.

Tari Kecak sendiri mulai terkenal di mancanegara semenjak tahun 1970'an dikala Wayan Limbak berkeliling dunia untuk mempromosikan tari ini.

Nama kecak ialah sebuah nama yang diambil dari bunyi yang keluar dari iringan tari tersebut yang berdendang "Cak " yang di dendangkan secara terus menerus,dimana bunyi "cak" ini mempunyai arti yamg sangat signifikan di dalam pementasan tarian ini. Mayoritas pemain tari kecak ialah pria yang jumlahnya sanggup mencapai puluhan.

BACA JUGA : Keunikan Sejarah Gerakan Tari Pendet Dari Bali

Tari Kecak juga sering disebut dengan "The Monkey Dance". Sekarang ini tari kecak sudah sangat terkenal baik di kalangan masyarakat Indonesia maupun di kalangan Turist asing. Boleh di katakan salah satu kebudayaan asal indonesia ini telah terkenal diseluruh dunia dan bertaraf internasional.


Baca Juga : Doa Menyelamatkan Rumah Tangga Dari Perceraian


0 Response to "Sejarah Dan Perkembangan Gerakan Tari Kecak Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel