Sejarah Alat Musik Angklung Yang Mendunia

Sejarah Alat Musik angklung yang Mendunia Sejarah Alat Musik angklung yang Mendunia
Alat Musik Angklung - Belum ada sumber niscaya yang menyampaikan awal mula munculnya alat musik khas Jawa Barat ini. Namun tidak diragukan lagi bahwa akat musik Angklung merupakan budaya Indonesia yang berumur ratusan tahun. Angklung tertua diketahui terdapat di Jasinga, Bogor, Jawa Barat, yang diperkirakan umurnya sekitar 400 tahun. Angklung tertua tersebut dinamakan Angklung Gubrag.Tak hanya ada di Jawa Barat, alat musik ini juga di temukan di beberapa kawasan di indonesia menyerupai Bali, Madura dan Kalimantan.

Angklung mulai di kenal oleh masyarakat luas keita pada zaman kerajaan Sunda. Dulunya berfungsi sebagai penggugah semangat pada waktu peperangan. Hal ini terus berlanjut sampai jaman penjajahan yang di alami bangsa indonesia ini.

Alunan musik di dalamnya sebagian besar terinspirasi dari Nyai Sri Pohaci ( dewi padi ) atau sering disebut Dewi Pemberi Kehidupan. Karena mitos yang berkembang pada masyarakat dulu kemudian para seniman membuat semacam syair dan lagu sebagai penghormatan kepada Nyai Sri Pohaci lewat kesenian angklung ini.

Sejarah Alat Musik angklung yang Mendunia Sejarah Alat Musik angklung yang Mendunia
Pada ketika kemunculan, bergotong-royong Angklung dianggap sebagai alat musik yang sakral alasannya ialah kehadirannya untuk mengiringi Mantera - mantera yang di alunkan ketika ritual tertentu. Hal ini berubah sejak tahun 1938, Daeng Soetigna membuat angklung yang di dasari oleh bunyi Diatonik. Sejak ketika itu Angklung menjadi lebih erat kepada bidang seni daripada bidang mistis dan klenik.

Lambat laun Angklung pun dikenal ke seluruh penjuru dunia. Pengakuan ihwal keberadaan alat musik Angklung pertama kali diakui oleh seorang musikus besar asal australia yaitu Igor Hmel Nitsky pada tahun1955. Angklung pun semakin berkembang sampai ketika ini. Tercatat sebuah rekor dunia bermain angklung pernah diciptakan di Beijing, China melalui program yang diselenggarakan oleh KBRI dengan melibatkan 5.393 penerima di Stadion Buruh Beijing.

0 Response to "Sejarah Alat Musik Angklung Yang Mendunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel