Asal Usul Sejarah dan Jumlah Penari Tari Tor Tor

Asal Usul Sejarah dan Jumlah Penari Tari Tor Tor


Asal Usul Sejarah dan Jumlah Penari Tari Tor Tor



Sumatera Utara - tari Tor-Tor (dan Gondang Sembilan) adalah seni Mandailing, Sumatera Utara. Kata 'Tor-Tor "datang suara berdebar kaki penari Tor Tor Batak rumah pada peta dan penari bergerak dengan iringan gerakan dendeng Gondang. tujuan tari Tor-tor itu sendiri untuk pemakaman, panen, penyembuhan dan pemuda partai. Dan tarian ini merupakan proses ritual yang harus ditransmisikan

Tari Tortor Dari Sumatera Utara - Indonesia negara yang tak kekurangan akan keragaman kebudayaan,beragam seni budaya muncul di negara yang dekat di sapa dengan negara seribu pulau ini. Salah satunya yaitu kesenian Tari Tortor. Kesenian Tari ini berasal dari Sumatera utara tepatnya tempat Mandailing. Mirisnya seni tari ini sempat di klaim oleh negara tetangga yaitu Malaysia bahwa tari tortor akan menjadi milik mereka

Pesan ritual yang lalu 3; yaitu takut dan taat kepada Allah, ritual nenek moyang dan orang-orang yang masih hidup harus dihormati, dan pesan terakhir untuk masyarakat umum yang hadir dalam acara tersebut. Arti dari tarian ini juga tiga jenis yaitu untuk ritual, jiwa dorongan dan sarana untuk menghibur.

Tor - tor itu sendiri berasal dari bunyi yang di timbulkan oleh hentakan - hentakan kaki para penarinya ketika mementaskan di atas ganjal papan kayu yang merupakan ganjal dari rumah watak batak. Tarian ini diiringa dengan iringan Gondang yang iramnya menghentak.



Tujuan

Adapun yang menjadi tujuan dari pementasan tari tortor yaitu untuk upacara kematian,panen,penyembuhan dan pesta muda mudi di lain itu tarian ini juga memiliki ritual yang harus dilalui terlebih dahulu sebelum memainkannya. Proses Ritual itu mengandung tiga pesan yaitu takut dan patuh kepada dewa yang maha esa,kemudian yang kedua yaitu pesan untuk para leluhur dang orang - orang yang di hormati.yang terakhir pesan diperuntukkan bagi khalayak ramai yang hadir ketika upacara atau pementasan seni tari tortor diadakan.

baca juga : Doa Nabi Nuh Meminta Daerah Pendaratan Terbaik

Makna

tari tortor ini mengandung tiga makna selain untuk ritual juga untuk penyemangat jiwa,layaknya makanan untuk jiwa dan sebagai sarana hiburan.

Didalam pementaasannya tari tortor selalu di iringi dengan Gondang,yang disebut dengan Gondang Sembilan ini menyesuaikan dengan jumlah gendang yang di mainkan. kekhususan dari Gendang ini yaitu dengan ditabuh oleh kaum lelaki sambil dengan mendendangkan sebuah syair yang menceritakan sebuah sejarah,doa dan berkat,sebagai pelantunnya dinamakan dengan Maronang Onang.

0 Response to "Asal Usul Sejarah dan Jumlah Penari Tari Tor Tor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel