Sejarah dari gerakan tari Seni Bendrong Lesung banten Jawa Barat

Sejarah dari gerakan tari Seni Bendrong Lesung banten  Jawa Barat



Sejarah dari gerakan tari Seni Bendrong Lesung banten Jawa Barat


Apa gerakan tari Seni Bendrong Lesung itu?

Bendrong Lesung merupakan kesenian tradisional yang menggunakan lesung dan alu bahwa kinerja properti. Mortar dan alu adalah kayu alu padi tradisional. Seni ini merupakan salah satu kesenian tradisional dari daerah Cilegon, Banten. Mortir bedrong seni menggambarkan kegembiraan dan sukacita masyarakat dengan hosting musim panen mereka.

Kebudayaan yang satu ini boleh di bilang unik sebab alat pengiring dalam pementasannya memakai sebuah Lesung ( alat penumbuk padi ).Seni budaya yang berkembang di kawasan Cilegon - Banten ( Jawa Barat ) ini tumbuh dan berkembang secara turun temurun sampai ketika ini. Pada mulanya Kesenian ini merupakan sebuah Tradisi dari masyarakat setempat yang pertunjukkannya di laksanakan pada ketika ekspresi dominan panen tiba.
Asal Bendrong Lesung

Seni Berong ini mortir tumbuh dan berkembang dari generasi ke generasi di daerah Cilegon, Banten. Pertama, seni ini merupakan tradisi lokal untuk menyambut kedatangan musim panen. Mereka membuat acara sebagai bentuk kegembiran Bendrong mortir dan merasakan kembali mereka dapatkan. Tradisi berlanjut hingga hari ini, tidak hanya menjadi bagian dari musim panen tunggal, seni Lesung Bendrong telah menjadi salah satu kesenian khas Kota Cilegon, Banten.


pola lantai tari urutan gerakan dalam tarian bendrong lesung


Awalnya lesung Bendrong seni hanya dimainkan oleh wanita dewasa saja. Tapi sekarang juga dimainkan oleh anak laki-laki dan perempuan. Dalam acara itu, seni Lesung Bendrong dimainkan oleh 6 orang. Rajin mereka mengadakan ulekan untuk menghentakkannya dipertukarkan untuk menghasilkan satu nada. Ketika seorang pemain memainkan alu juga bergerak seperti menari di sekitar mortar dengan ekspresi yang menunjukkan kegembiraan mereka. Awalnya, mereka hanya tarian kecil saja, tetapi dengan tempo cepat meningkat, mereka bermain, gerakan mereka juga mengikuti kecepatan tempo.


Tujuan apa yang digambarkan dalam tarian bendrong lesung ?

Adapun tujuan dari Kesenian adalah untuk merayakan kegembiraan atas keberhasilan panen.ladang yang telah mereka tanami,benih yang mereka pupuk telah menghasilkan hasil yang memuaskan dari jerih payah yang mereka alami selama ekspresi dominan tanam. Lalu kegembiraan itu mereka curahkan dengan Kesenian Bendrong Lesung ini.

BACA JUGA : Kisah Dzikir Wirid Hasbunallah Wanikmal Wakil Untuk Kekayaan

Seiring perkembangan jaman,Bendrong Lesung tidak hanya di pentaskan ketika menyambut panen raya saja akan tetapi kini ini Bendrong Lesung juga di pentaskan untuk program - program lainnya dimana pada ketika itu banyak orang berkumpul,seperti pada acar perkawinan,peresmian sebuah gedung dan lain sebagainya.


Hingga ketika ini Bendrong Lesung telah menjadi salah satu kekayaan Seni budaya yang dimiliki masyarakat Jawa Barat pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kesenian ini perlu di lestarikan untuk menjaga keberagam aneka kebudayaan yang terdapat di indonesia.


0 Response to "Sejarah dari gerakan tari Seni Bendrong Lesung banten Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel