Jelaskan Pengertian Dan Sejarah Batik Di Indonesia

Jelaskan Pengertian Dan Sejarah Batik Di Indonesia

Jelaskan Pengertian Dan Sejarah Batik Di Indonesia


Sebagai orang Indonesia, tentu saja, kami sangat akrab dengan banyak batik. Bahkan batik yang kita gunakan dalam keadaan formal dan non-formal. Tetapi jika kita bertanya apa arti dari batik, masih banyak orang yang ditetapkan bingung. Oleh karena itu, kita akan membahas batik.

Indonesia final - final ini sedang geming membicarakan dan melestarikan Batik. dimana bagi bagi bangsa indonesia yakni merupakan salah satu warisan dari nenek moyang bangsa indonesia yang beberapa waktu kemudian mulai terlupakan,hingga muncul pengklaiman atas kebudayaan warisan nenek moyang indonesia yang di klaim milik negara lain,dan negara yang paling banyak mengklaim bahwa sebuah kebudayaan yang berasal dari indonesia merupakan milik negaranya yakni malaysia dengan tak tahu malunya malaysia mempatenkan kebudayaan yang merupakan milik atau peninggalan nenek moyang bangsa indonesia.

Apa batik? Batik adalah seni menggambar pada kain dibuat atau dicat dengan menggunakan canting dan lilin cair untuk membentuk nilai seni yang tinggi.

Batik berasal dari bahasa Jawa yang tersusun atas dua kata yaitu "amba" yang memiliki arti 'menulis' dan kata "titik".Istilah batik ini merujuk kepada kain dengan corak bahan. "malam" ( alat membatik ) yang di gunakan untuk menahan warna masuk ke materi atau dengan kata lain alat yang dipakai untuk menuliskan corak dalam menciptakan batik.pada zaman dahulu corak yang di hasilkan pada umumnya yakni corak hewan dan tanaman.

BACA JUGA : Pengasihan Alfatihah Jarak Jauh Paling Ampuh

Pada Abad XVII batik ditulis oleh nenek moyang bangsa indonesia di atas Daun Lontar.dengan corak hewan dan tumbuhan kemudian seiring bergulirnya waktu,corak batik berganti menjadi corak beralih pada corak bermotif abnormal yang mirip awan ,relief candi,wayang beber dan sebagainya dang media yang di gunakan mulai memakai materi kain putih hasil tenunan sendiri.Dan mulai memakai warna yang terbuat dari tumbuh - tumbuhan yang terdapat pada kekayaan alam di indonesia. Tumbuh - tumbuhan yang sering dipakai antara lain pohon mengkudu,tinggi,soga dan nila,dengan memakai materi soda dari soda bubuk dan garam yang dipakai dari tanah lumpur.

Batik di indonesia telah di kenal semenjak zaman kerajaan majapahit dan terus berkembang hingga kerajaan selanjutnya. Batik mulai meluas pada final kurun ke XVIII atau awal kurun ke XIX. pada zaman ini batik yang tercipta semuanya merupakan batik tulis hingga awal kurun ke XX gres pada tahun 1920 seusai perang mulai muncul Batik Cap.

Akhirnya, kesenian batik ini ditiru oleh massa dan lebih diperluas sehingga pekerjaan pekerja rumah tangga perempuan untuk mengisi waktu luang mereka. bahan pewarna yang digunakan untuk memproduksi batik yang asli di Indonesia adalah antara lain: pohon mengkudu, Soga, indigo. bahan soda dibuat dari natrium karbonat, sedangkan garam yang terbuat dari lumpur.

0 Response to "Jelaskan Pengertian Dan Sejarah Batik Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel